#PrayforKalsel Banjir Kepung 9 Kecamatan di Tanah Laut

#PrayforKalsel Banjir Kepung 9 Kecamatan di Tanah Laut

Hujan deras mengguyur Provinsi Kalimantan Selatan yang mengakibatkan banjir di sejumlah titik di Kabupaten dan Kota hingga mencapai ketinggian 2-3 meter. Melansir dari CNN pada Rabu (13/1), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Bapak Mujiyat mengatakan bahwa banjir terparah terjadi di dua kabupaten yaitu Banjar dan Tanah Laut. “Sepanjang siang hari ini hujan masih mengguyur dengan intensitas cukup tinggi, sehingga debit air tak menyurut bahkan terus meninggi,” kata beliau.

Di Tanah Laut, tingginya genangan air dan tanah longsor mengakibatkan akses jalan raya terputus. “Mohon doanya kawan-kawan, kami di Tungkaran Panjaratan terisolir banjir dan gunung longsor, kami tidak bisa keluar jalan dua arah karena akses tertutup banjir dan longsor,” kata Bapak Husnan,warga yang terdampak banjir dalam pesan singkat yang kami terima Kamis pagi (14/1).

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Tanah Laut pada 13 Januari 2021 pukul 18.00 WITA, bencana banjir hampir merata di sejumlah wilayah Kabupaten Tanah Laut yakni sebanyak 5.753 rumah, 5.985 KK, dan 19.861 jiwa. Seluruh data tersebut berasal dari 9 kecamatan yang terdampak yaitu Kecamatan Bati-Bati, Kecamatan Bumi Makmur, Kecamatan Kurau, Kecamatan Pelaihari, Kecamatan Takisung, Kecamatan Jorong, Kecamatan Kintap, Kecamatan Bajuin, dan Kecamatan Tambang Ulang.

TurunTangan Tanah Laut akan menyalurkan hasil donasi untuk memberikan bantuan seperti kebutuhan makanan, minuman, keperluan bayi, selimut, alas tidur dan pakaian untuk para korban. Mari ulurkan tangan untuk korban banjir dan tanah longsor di Tanah Laut, Kalimantan Selatan dengan berdonasi melalui Bank Syariah Mandiri 7112967979 a/n Irfan Anshari atau BNI Syariah 0684698798 a/n Husnul Khatimah. Jangan lupa untuk konfirmasikan bukti transfermu melalui nomor 085347972962 (Irfan).

Selain itu, kami juga membuka galang dana di KitaBisa melalui: kitabisa.com/bantubanjirtanahlaut. Mari menyisihkan sebagian harta kita untuk membantu para korban banjir dan longsor di Kalimantan Selatan. Berapapun donasimu akan sangat meringankan beban mereka. 

Terima kasih orang baik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *