Rahasia Mengambil Keputusan saat Keadaan Genting

Rahasia Mengambil Keputusan saat Keadaan Genting

Home » Blog » Pendidikan » Manajeman keputusan

Pengambilan keputusan saat situasi runyam membuat kita berpikir untuk mencari tahu rahasia pengambilan keputusan. Dalam menjalankan program kerja, kita sering dihadapkan oleh pilihan dan situasi yang sulit untuk kita putuskan. Takut kalau keputusan yang diambil belum baik dan tepat? Tenang, kamu engga sendirian, hampir semua orang juga pernah mengalami hal seperti ini.

Mengambil keputusan biasanya memerlukan pertimbangan yang matang agar tujuan yang diharapkan bisa tercapai. Terlebih jika keputusan yang kamu buat bakal berdampak untuk orang banyak. Namun, tidak jarang juga kita dihadapkan dengan keadaan genting yang mengharuskan kita mengambil keputusan dengan cepat. 

Lantas, bagaimana solusinya sgar tidak menyesal belakangan? Mari ikuti tips dari TurunTangan mengenai pengambilan keputusan yang cepat & tepat yuk, Pejuang!

1.    Berpikir cepat

Jangan sesekali memutuskan sesuatu saat kondisi sedang buruk dan pikiran bercabang. Kamu harus tetap bisa untuk berpikir cepat dan fokus pada tujuan utama yang harus dicapai.

Untuk itu, kamu perlu mengambil keputusan berdasarkan dari prioritas terkecil. Apabila sudah tahu pasti apa tujuan anda, maka akan lebih mudah dalam mengambil keputusan.

Dapat berpikir cepat tentu baik bagi siapa saja. tapi ingat kecepatan bukan segalanya. di samping itu kamu juga harus mampu berpikir cermat. maka tidak akan ada penyeselan atas keputusan yang kamu ambil.

2.    Rasional

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makna dari kata rasional adalah menurut pikiran dan pertimbangan yang logis. Dapat diartikan bahwa dengan berpikir secara rasional, maka nantinya keputusan yang akan diambil merupakan keputusan yang terbaik.

3.    Harus berani

Berani dapat digambarkan dengan rasa percaya diri yang besar dan kemantapan hati dalam menentukan sebuah pilihan. Terkadang kita tidak berani mengambil keputusan karena kita merasa takut salah akan keputusan yang kita ambil. Padahal, dengan begitu justru kita bisa kehilangan kesempatan emas loh, Pejuang.

Itulah tips dalam mengambil keputusan saat keadaan genting yang bisa diaplikasikan saat melaksanakan program kerelawanan Pejuang. Semoga bisa membantu kalian ya dalam melaksanakan program-program yang dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.