Amazing Race

Turun Tangan

27 Nov 2019

Jakarta, 8 November 2019 – Gathering Nasional TurunTangan dilaksanakan di Jakarta dari 6-10 November 2019. Agenda besar tahunan ini mempertemukan 120 relawan yang tersebar dalam 53 daerah di Indonesia.

Turuntangan adalah sebuah inkubasi kepemimpinan pemuda dengan pendekatan gerakan kerelawanan. Sebanyak 53 kota/kabupaten se-Indonesia telah bergerak dengan 107 gerakan kerelawanan di bidang pendidikan, lingkungan, sosial kemanusiaan, edukasi politik, dan kesehatan. Tercatat ada sebanyak 53.000 relawan yang telah memilih terlibat.

Pada hari ini relawan dari seluruh Indonesia diajak bermain dan berkeliling Jakarta melalui kegiatan “Amazing Race”. Relawan dibagi dalam kelompok-kelompok kecil secara acak, sehingga antar daerah dapat mengenal satu sama lain. Kekompakan tim sangat diuji dalam setiap permainan yang diberikan. Siapa yang berhasil menyelesaikan misi lebih dulu maka dia lah yang jadi pemenangnya.

Mereka memulai alur permainan dari Museum Nasional Indonesia, lalu Monumen Nasional, dan yang terakhir adalah Taman Lapangan Banteng. Teriknya Ibu Kota tidak menyurutkan antusiasme relawan untuk mengikuti kegiatan ini. Mengenakan baju merah, yel-yel mereka nyaring terdengar saat mereka unjuk gigi dalam setiap tantangan.

“Seru banget acara Amazing Race tadi, peserta relawan semuanya bersemangat untuk memenangkan lomba. Game yang sederhana tapi bisa kocak dan mengena banget. Senang sekali melihat kerecehan mereka. Saya sangat apresiasi kepada panitia yang sudah bekerja keras untuk menyelenggarakan acara ini,” Kata salah satu relawan yang mengikuti acara.

Pemenang dari Amazing Race ini akan diumumkan saat Closing Ceremony. Walaupun begitu, dari hati yang terdalam semua kelompok adalah pemenang karena berhasil melewati tantangan dan dapat bekerjasama dengan baik. Gathering Nasional kali ini mengusung tema "Relawan itu Pahlawan" harapannya para relawan dapat terinspirasi, belajar, dan meneladani nilai-nilai kepahlawanan.