Gala Dinner Gathering Nasional TurunTangan 2019

Turun Tangan

27 Nov 2019

Jakarta, 8 November 2019 – Gathering Nasional TurunTangan dilaksanakan di Jakarta dari 6-10 November 2019. Agenda besar tahunan ini mempertemukan 120 relawan yang tersebar dalam 53 daerah di Indonesia.

Turuntangan adalah sebuah inkubasi kepemimpinan pemuda dengan pendekatan gerakan kerelawanan. Sebanyak 53 kota/kabupaten se-Indonesia telah bergerak dengan 107 gerakan kerelawanan di bidang pendidikan, lingkungan, sosial kemanusiaan, edukasi politik, dan kesehatan.

Rangkaian acara Gathering Nasional telah memasuki hari ketiga. Malamnya, relawan berkumpul dalam acara gala dinner bersama di rumah dinas gubernur DKI Jakarta. Acara ini dihadiri pula oleh Gubernur DKI, Jakarta, Anies Baswedan. Mereka berdiskusi dan mendapatkan banyak pesan-pesan positif dari Bapak Gubernur sekaligus inisiator gerakan TurunTangan.

Anies Baswedan berkata, “Menurut saya leadership itu harus menempatkan diri kita apa adanya dan menumbuhkan kebiasaan diri pribadi. sehingga saat memimpin itulah pribadi anda. Oleh karena itu, kebiasaan-kebiasaan baik harus ditumbuhkan sebelum menjadi pemimpin. Jangan kejar posisi, tapi kejar potensi untuk berkembang. jika anda capable, anda akan tetap mempesona di posisi manapun.”

Ada beberapa poin yang penting sebagai seorang pemimpin menurut Anies. “Integritas, kompetensi, Kedekatan dengan rakyat, dan self interest. Jika keempat komponen ini baik, maka seseorang bisa menjadi pemimpin yang baik,” kata Anies.

Pesan Anies kepada para relawan jika merasakan kejenuhan adalah mendorong sesuatu untuk dikerjakan. Karena sebuah gerakan jika tidak dijalankan maka akan kosong dan jenuh. Interaksi dengan masyarakat juga penting menurut beliau. “Kita butuh interaksi karena akan merepotkan jika terisolasi tapi harus memotivasi. Oleh karena itu, datangi orang-orang dan kerjakan, selesaikan masalahnya,” kata Anies.

Setelah bercengkerama dengan Anies Baswedan, acara dilanjutkan dengan gala dinner dan diskusi bersama tentang pengembangan gerakan di TurunTangan daerah. Diskusi tersebut meliputi keberlangsungan gerakan dan pengembangan project, bisnis dan fundraising, akademi relawan, serta branding dan sosial media. Melalui diskusi dan rangkaian acara di Gathering Nasional ini relawan mendapatkan ilmu baru dan lebih mengembangkan gerakan di daerahnya masing-masing.