Development Class : Fundraising

Turun Tangan

04 Dec 2019

Jakarta, 7 November 2019 – Turuntangan adalah sebuah inkubasi kepemimpinan pemuda dengan pendekatan gerakan kerelawanan. Hari ini, sebanyak 53 kota/kabupaten se-Indonesia telah bergerak dengan 107 gerakan kerelawanan di bidang pendidikan, lingkungan, sosial kemanusiaan, edukasi politik, dan kesehatan. Tercatat ada sebanyak 53.000 relawan yang telah memilih terlibat.  

Gathering Nasional adalah agenda besar TurunTangan yang rutin diadakan setiap tahun. Acara ini diselenggarakan pada 6-10 November 2019.  Pada hari ini, relawan menerima materi Fundraising dari Angger Sutawijaya selaku Direktur Eksekutif TurunTangan, dan Darul Syahdanul selaku CEO GandengTangan.

Materi fundraising ini penting bagi relawan. Dukungan pendanaan dalam fundraising dibutuhkan untuk keberlangsungan gerakan di daerah. Perlu adanya pemahaman teknis dan psikologis bagaimana seseorang mau memberikan dukungannya dalam bentuk dana kepada misi yang dilakukan relawan. Melalui materi yang disampaikan dan diskusi diharapkan relawan dapat memperkaya pengetahuannya untuk mengembangkan fundraising dan aktivitas kerelawanan di daerahnya.

Darul mengatakan kepada relawan untuk meningkatkan fundraising mereka dapat memperoleh dari relasi seperti teman dan keluarga, dari crowdfunding/P2P lending, Bank, Impact Investor, Angel Investor, Venture Capitalist (VC), Accelerator, Incubator, Hibah, Kompetisi, Penghargaan. Ia menambahkan bahwa ada empat tahap yaitu proses menjangkau dengan mengirimkan proposal, kemudian fase “mari bicara” dengan mengatur waktu untuk pembicaraan lebih lanjut, lalu pengkajian mendalam, dan yang terakhir adalah menempatkan dana proses legal.

Menurut Darul, Skema organisasi di TurunTangan adalah dari sebuah komunitas yang terdiri oleh relawan yang terorganisir untuk melakukan gerakan kerelawanan berupa project/program/aksi berdasarkan oleh masalah dan isu yang ada untuk melunas janji kemerdekaan yaitu melindungi, mencerdaskan, dan mensejahterakan, output yang diharapkan dari gerakan ini adalah impact dari perubahan perilaku.   

Angger selaku Direktur Eksekutif TurunTangan memaparkan kepada para relawan tentang platform yang bisa mendukung aktivitas fundraising TurunTangan Daerah. Ia menjelaskan bahwa TurunTangan akan meluncurkan sebuah website baru. Website tersebut adalah turuntangan.id. Disinilah relawan dapat melakukan galang dana ataupun merekrut relawan baru untuk kegiatan kerelawanan yang akan mereka lakukan. Selain itu, kegiatan mereka dapat mereka unggah sebagai berita dalam bentuk artikel di situs tersebut.