Closing Ceremony Gathering Nasional 2019

Turun Tangan

04 Dec 2019

Jakarta, 9 November 2019 – Gathering Nasional TurunTangan dilaksanakan di Jakarta dari 6-10 November 2019. Agenda besar tahunan ini mempertemukan 120 relawan yang tersebar dalam 53 daerah di Indonesia.

TurunTangan adalah sebuah inkubasi kepemimpinan pemuda dengan pendekatan gerakan kerelawanan. Sebanyak 53 kota/kabupaten se-Indonesia telah bergerak dengan 107 gerakan kerelawanan di bidang pendidikan, lingkungan, sosial kemanusiaan, edukasi politik, dan kesehatan. Tercatat ada sebanyak 53.000 relawan yang telah memilih terlibat.

Tujuan Gathering nasional adalah mempererat dan memperkuat pergerakan delegasi Relawan TurunTangan dari seluruh daerah. Acara Gathering Nasional ini adalah pemantik semangat relawan untuk terus maju dan mengembangkan gerakan baik di daerahnya.

Sabtu, 9 November 2019, Acara Gathering Nasional TurunTangan 2019 memasuki penghujung acara. Relawan melakukan closing ceremony di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta, kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Di sanalah relawan diajak untuk menikmati kebersamaan mereka berkumpul di malam terakhir Gathering Nasional. Abang None dengan apik memandu acara closing ceremony.  Di sini masing-masing perwakilan TurunTangan Daerah menampilkan bakat dan kesenian dari daerah mereka. Ada yang membaca puisi, menyanyi, bermain musik, menari, dan bermain games.

Di acara closing ceremony juga inilah dilakukan pemilihan untuk tuan rumah Gathering Nasional tahun depan. Setelah relawan melakukan diskusi bersama, maka nominasi daerah yang terpilih adalah Ambon, Semarang, Malang, dan Palembang. Tiap TurunTangan Daerah berhak memilih salah satu diantara empat daerah tersebut. Dari hasil voting, TurunTangan Malang akhirnya berhasil menjadi tuan rumah Gathering Nasional 2020. Uniknya, TurunTangan Malang sudah pernah masuk selama tiga kali menjadi nominasi tuan rumah Gathering Nasional dan akhirnya 2020 adalah kesempatan mereka. Keseruan acara tak sampai di situ saja, ada pula pemberian penghargaan kepada para relawan dan panitia untuk apresiasi mereka selama acara Gathering Nasional.