TurunTangan Medan : Becak Pustaka

Turun Tangan

09 Dec 2019

Becak Pustaka adalah inisiatif TurunTangan Medan untuk mengajak masyarakat peduli literasi dan meningkatkan minat baca. Melalui program ini, masyarakat dapat mengakses literasi lebih mudah karena Becak Pustaka mendatangi langsung target pembaca mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Koordinator TurunTangan Medan, Doni Swandana berkata, “Melalui Becak Pustaka ini TurunTangan Medan ingin membuat akses literasi yang bisa menjangkau sampai ke pinggiran Kota Medan, karena akses baca warga pinggiran sangat minim. Relawan TurunTangan Medan akan bergantian setiap Sabtu dan Minggu untuk mengunjungi masyarakat melalui Becak Pustaka.”

TurunTangan Medan menyalurkan Becak Pustaka kepada Lurah Bagan Deli Belawan dari PT Pertamina Lubricants dan bekerjasama dengan Kagama Sumatera Utara. Alasan memilih di Belawan karena sebagian anak-anak di sana memilih untuk melaut dan bekerja dibandingkan belajar. Warga sangat antusias dan mendukung program yang diberikan bantuan program Becak Pustaka disana.

Buku yang tersedia dalam Becak Pustaka antara lain buku bacaan anak, ensiklopedia, buku cerita,  buku pelajaran sekolah, dan buku-buku lainnya. “Sampai awal Desember buku sudah ada tapi masih jauh dari kurang, dan kami masih membuka donasi untuk operasional becak dan pembelian buku,” kata Doni. Bagi kalian yang ingin berdonasi bisa melalui kitabisa.com/becakpustakatt (Ayu)