TurunTangan Apresiasi Petugas Pemakaman

Turun Tangan

17 May 2020

Pandemi Covid-19 membuat kerja petugas pemakaman menjadi semakin berat. Di TPU Pondok Ranggon, dalam sehari mereka bisa memakamkan belasan hingga tiga puluh jenazah dengan protap Covid-19. Mereka hanya bisa istirahat sejenak, karena beberapa menit kemudian datang lagi mobil ambulans membawa jenazah korban virus Covid-19.

“Tempat istirahat petugas pemakaman di TPU ini seadanya, di bawah pohon. Belum ada tempat khusus berlindung untuk istirahat sementara. Padahal kerja mereka sangatlah berat, tapi harus kepanasan dan kehujanan ketika menjalankan tugas dan beristirahat di lapangan,” kata Yasarah Ansi, PIC dari program apresiasi petugas pemakaman di TPU Pondok Ranggon.

Selain itu, belum ada tempat menunggu bagi keluarga yang ikut menghantarkan jenazah Covid-19. Hal tersebut membuat keluarga bercampur dengan petugas pemakaman ketika menunggu proses pemakaman.

Oleh karena itu, TurunTangan ingin memberikan tempat berlindung untuk beristirahat untuk petugas pemakaman dan keluarga yang menghantarkan jenazah. Hal tersebut adalah bentuk apresiasi mereka kepada petugas pemakaman sebagai salah satu garda penanganan covid-19.

Hari ini (12/5) TurunTangan memberikan donasi ke TPU Pondok Ranggon sebagai TPU rujukan Covid-19. Donasi tersebut antara lain 2 tenda pleton ukuran 4x6 meter2, 12 bed istirahat sementara untuk petugas makam, 3 dispenser, 1 tenda transit untuk keluarga penghantar jenazah, 1 tempat cuci tangan portabel, serta 2 jerigen sabun cuci tangan. Selain itu, ada donasi makanan dan minuman dari Nestle melalui Forum CSR DKI Jakarta diantaranya kopi, snack cokelat, dan sereal. Bantuan serupa akan diberikan ke TPU Tegal Alur esok hari (13/5).

Apresiasi ini adalah program berkelanjutan dari TurunTangan untuk petugas TPU. Sebelumnya, TurunTangan telah menyalurkan donasi ke TPU Pondok Ranggon, Tegal Alur, dan Tanah Kusir dengan penerima manfaat 300 orang petugas pemakaman. Donasi yang sudah diberikan antara lain 900 baju APD, 600 masker, 600 sarung tangan, 3 alat disinfektan, 18 jerigen cairan disinfektan, 20 jerigen sabun cuci tangan, 13.500 tablet vitamin C, 200 paket sembako berisi 5 kilogram beras, mie instan, minyak goreng, telor dan kecap serta donasi makanan selama 30 hari.

“Program apresiasi ini terlaksana berkat donasi dari Kitabisa.com, donatur TurunTangan, serta relawan-relawan yang telah ikut terlibat. Semoga apa yang telah diberikan dapat membantu meringankan beban petugas pemakaman kala pandemi ini," kata Yasa.