Relawan TurunTangan Berbagi Makanan Melalui Rantang Hati

Turun Tangan

30 May 2020

TurunTangan bersama Wahyoo, Telkomsel poin dan didukung oleh kitabisa.com mengadakan program berbagi makanan yang dinamakan Rantang Hati. Kolaborasi mereka melalui program ini adalah untuk membantu warung-warung makan agar memiliki tambahan pendapatan serta membagikan makanan gratis selama masa physical distancing saat pandemi Covid-19.

Arti dari nama Rantang Hati adalah paket makanan yang dianalogikan menggunakan rantang dan hati. Analogi tersebut sebagai pengingat bahwa paket makanan ini dibuat dan dikirim menggunakan hati yang tulus untuk berbagi kepada sesama. Setiap hari warteg memasak 100 bungkus makanan, lalu relawan TurunTangan membagikan makanan tersebut kepada yag membutuhkan. Total ada 15 warteg yang diajak kerjasama dalam program ini. Program ini berlangsung selama ramadhan dari tanggal 7-22 Mei 2020.

Relawan TurunTangan membagikan makanan sebelum maghrib hingga malam hari. Selama kegiatan relawan berbuka di jalan saat membagikan makanan. Tak masalah untuk mereka, asalkan semua makanan terdistribusi dan benar-benar sampai ke tangan yang membutuhkan. Sebuah pencapaian yang berarti selama bulan Ramadhan karena total ada 7.500 nasi bungkus yang berhasil mereka bagikan ke masyarakat.

Lokasi yang mereka bagikan di DKI Jakarta antara lain di Cengkareng, Pesing, Penggilingan, Pondok Kopi, Pasar Rebo, Cempaka Putih Barat, Rawamangun, dan Muara Angke.

Raka Pramudito yang tanpa absen membagikan makanan kepada masyarakat bercerita pengalamannya, Ia berkata “Ketika kami membagikan makanan di Rawamangun, ada sekeluarga yang bahkan belum bisa beli lauk untuk berbuka puasa. Lalu tim relawan datang memberikan nasi bungkus untuk mereka. Di situ ada kesenangan yang kami rasakan ketika membantu mereka yang benar-benar membutuhkan.”

Masa Pandemi menambah kesulitan ekonomi beberapa orang terutama masyarakat kecil dan pegawai informal. Oleh karena itu, melalui program Rantang Hati ini, TurunTangan ingin meringankan beban mereka dengan berbagi makanan agar mereka tidak kelaparan.

Tentu ada tantangan ketika membagikan kepada masyarakat ketika Covid-19 mengepung kawasan zona merah di Jakarta. Oleh karena itu, sebisa mungkin relawan membagikan satu per satu ke warga agar tidak menimbulkan kerumunan di jalan. Serta menerapkan prosedur kesehatan yang ada seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan agar relawan dan masyarakat selalu dalam kondisi sehat dan terhindar dari Covid-19.