Peringatan Hari Lahir Pancasila

Turun Tangan

01 Jun 2020

Tepat 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan gagasannya tentang lima sila yang menjadi konsep dasar negara Indonesia. Gagasan tersebut beliau sampaiakan dalam sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Kemudian lima sila tersebut dikenal dengan nama Pancasila. Melalui peristiwa ini, kemudian setiap 1 Juni diperingati sebagai cikal bakal hari lahirnya Pancasila.

Pancasila adalah sebuah perjanjian luhur yang menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila dengan semboyannya Bhineka Tunggal Ika membuat perbedaan jadi kekayaan. Melalui Pancasila, kenaekaragaman budaya terajut menjadi sebuah keindahan.

Hari ini adalah sebuah momentum sejarah untuk membawa kembali semangat Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tengah pandemi ini, upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila dilakukan secara virtual. Dalam menghadapi ujian ini, melalui nilai Pancasila mari kita bangkitkan semangat persatuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Cara tersebut bisa diwujudkan dengan aksi nyata melalui gotong royong membantu sesama melalui kegiatan kerelawanan. Jika sekiranya belum bisa untuk mengikuti kegiatan kerelawanan, peran yang bisa kita lakukan dengan mencegah Covid-19 adalah tetap melindungi diri dengan menjaga kesehatan dan kebersihan.

Mari tunjukkan pada dunia dengan nilai-nilai Pancasila yang kita pegang teguh, Indonesia bisa melewati semua tantangan. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, mari kita tetap gerakkan persatuan dengan saling bina semangat dan daya juang kita untuk melindungi segenap bangsa.

Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. (Ayu)