Satu Lagu Bisa Makan

Turun Tangan

17 Jun 2020

Rabu (10/6/2020), relawan TurunTangan mendistribusikan makanan gratis siap santap kepada warga pemukiman padat penduduk kawasan kampung kota di Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kegiatan ini terlaksana berkat Kitabisa, musisi Calvin Jeremy dan Abdul and the Coffee Theory, pemuda dari Karang Taruna Petamburan serta lembaga inkubasi dari TurunTangan, yaitu Indonesian Resiliance (IRES).

Donasi makanan ini digalang melalui campaign “Satu Lagu Bisa Makan”. Campaign ini diinisiasi oleh musisi Calvin Jeremy dan Abdul and the Coffee Theory melalui platform kitabisa.com. Di tengah pandemi ini, mereka tidak ingin menutup mata. Sebagai musisi, mereka ingin berkontribusi untuk membantu orang yang terdampak Covid-19 dengan melakukan kolaborasi bersama.

Gue sadar COVID-19 berdampak serius bagi banyak kalangan, terutama masyarakat menengah ke bawah. Karena pandemi ini, banyak yang kena PHK, omset turun drastis, sampai pendapatan yang hampir nggak ada. Nggak jarang mereka harus berbagi satu porsi makanan untuk semua anggota keluarga, ” kata Calvin yang ia sampaikan melalui campaign “Satu Lagu Bisa Makan”.

Setiap orang bisa memberikan bantuannya melalui campaign ini dengan berdonasi minimal 10.000. Dengan berdonasi, mereka bisa memberikan makan gratis untuk warga yang membutuhkan.

Kelurahan Petamburan dipilih sebagai tempat mereka membagikan donasi makanan. Makanan bergizi dari Hangry Indonesia dibagikan secara gratis dari rumah ke rumah kepada warga. Pemuda aktif Karang Taruna Petamburan, relawan TurunTangan dan IRES antusias membagikan 276 porsi makanan kepada warga. Tak tanggung, sang musisi Calvin Jeremy dan Abdul pun ikut langsung membagikan kepada warga Petamburan yang membutuhkan.

TurunTangan sangat berterima kasih kepada donatur dan semua orang yang sudah terlibat membantu sesama untuk bertahan dalam situasi yang amat sulit saat ini.  Gerakan gotong royong yang aktif inilah yang membuat kita kuat melewati pandemi ini. (Ayu)