Cerita TurunTangan Bantu Warga yang Membutuhkan

Turun Tangan

22 Jun 2020

Hari Sabtu, 25 April 2020 Tim TurunTangan menyambangi rumah sebuah keluarga, kawasan padat penduduk di bilangan Campaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Keluarga ini, diwakili oleh sang Istri bernama Maya (28 tahun), menghubungi tim TurunTangan lewat direct message pada aplikasi Instagram pada tanggal. Beliau mengatakan bahwa keluarganya membutuhkan bantuan di masa pandemi dan penerapan PSBB ini. Sang suami bekerja sebagai Ojek Online dimana orderannya berkurang jauh dari biasanya karena adanya PSBB, dan ditambah lagi dengan datangnya bulan Ramadan dimana order makanan secara daring dari masyarakat, berkurang drastis. Sedangkan sang Istri bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga dan tidak ada pendapatan sama sekali.

Mereka tinggal bersama di rumah orang tua dari Ibu Maya bersama dua adik perempuan Bu Maya. Ibu dari Bu Maya sudah tua dan tidak bekerja, sedangkan suaminya bekerja sebagai pedagang kecil-kecilan. Rumah mereka hanya berukuran 3x5 meter 2 lantai dengan dinding kayu bercat biru yang sudah lapuk. Alasnya hanya semen dilapisi dengan tikar dan beberapa bagian bahkan hanya tanah saja.

Bu Maya memiliki seorang anak bernama Nadia Azzahra yang berusia 17 bulan. Nadia pengidap penyakit Tuberkulosis Paru. Ia saat ini sedang melaksanakan rawat jalan di RSUP Cipto Mangunkusumo setelah beberapa kali berganti rumah sakit. Balita ini baru diketahui memiliki penyakit paru dari usia 5 bulan. Dan selama beberapa bulan tersebut, Nadia hanya diberi pengobatan-pengobatan generik karena keterbatasan biaya. Alhamdulillah setelah mendaftarkan di pada BPJS, biaya pengobatan ditanggung sepenuhnya.

Dalam kunjungan Tim TurunTangan, beliau mengatakan bahwa membutuhkan bantuan berupa biaya akomodasi ke Rumah Sakit dan kebutuhan pokok anaknya. Dalam masa pandemi ini, suami bu Maya tidak mendapat banyak dari pekerjaannya untuk dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Dan untuk pemeriksaan dan pengobatan selanjutnya pada tanggal 29 April 2020.

Setelah melewati penilaian dan pendiskusian, Hari Rabu, 29 April 2020, Tim TurunTangan mengunjungi bu Maya dan mengantarkan beliau ke Rumah Sakit RSUP Cipto Mangunkusumo.

Setelah selesai berobat, kami menjemput bu Maya dan anaknya, Nadia dan mengantarkannya kembali ke rumah. Di akhir sesi, kami memberikan sedikit sembako berupa beras, minyak goreng, kecap manis, garam iodium, mie instan dan teh kepada keluarga bu Maya.