Kepikiran Kopi, sebuah social enterprise dari TurunTangan

Turun Tangan

25 Jun 2020

Kepikiran Kopi adalah perwujudan gerakan ekonomi dari TurunTangan atau biasa disebut dengan social entrepreneurship/wirausaha sosial. 

Lokasi kedai kopi ini ada di depan kantor TurunTangan Pusat tepatnya di Jl. Palapa XV No.1, RT.9/RW.5, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan cabangnya di Jl. Raya Tengah No.11, RT.8/RW.8, Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur

Kepikiran Kopi sudah mengadakan beberapa kegiatan seperti pelatihan barista untuk para relawan TurunTangan dan untuk umum, buka stand di beberapa project Turun Tangan seperti di Gathering Nasional 2019 di Jakarta, memberikan kopi gratis untuk korban banjir, dan yang terbaru adalah gerakan 1.000 kopi untuk petugas yang menangani Covid-19. 

Kepikiran Kopi bermula dari relawan yang diajak oleh Ketua TurunTangan pada Maret 2019. Konsepnya adalah Kopi Kekinian yang tak lepas dari semangat TurunTangan. Setiap project TurunTangan yang akan dijalankan pasti melalui proses diskusi dan saling bertukar pikiran. Akhirnya dinamailah Kepikiran Kopi. Filosofi awalnya adalah kopi sebagai teman yang pas untuk bertukar pikiran.

Ada dua produk unggulan Kepikiran Kopi yaitu kopi susu aren dengan nama Kepikiran Mantan & Kepikiran Kamu. Kepikiran Kamu itu kopi susu gula aren yg diracik sedemikian rupa dan tersaji dengan rasa yang lebih manis, lebih creamy. Jadi kalo minum ini berasa kepikiran kamu yang manis juga.

Kalau kepikiran mantan diracik dan menghasilkan rasa yang lebih pahit. Rasa kopinya lebih kuat. Kalau minum ini berasa kepikiran mantan, pahit mengingat kenangan bersama orang yang sudah tidak bersama lagi.

Ada sebuah target jangka panjang yang Kepikiran Kopi impikan. Kepikiran Kopi ingin TurunTangan daerah yang sudah tersebar secara nasional juga bisa ada Kepikiran Kopi di sana. Tujuannya sebagai wadah pengurus dan relawan TurunTangan untuk mengasah dan menambah pengalaman mereka dalam berwirausaha. Saat ini, TurunTangan Palu sedang persiapan launching Kepikiran Kopi Palu. Bagi yang penasaran ingin mencicipi kopi dari Kepikiran Kopi, selain bisa pesan langsung ke lokasi kedai di Palapa & Gedong, ada juga di Grab Food dan Tokopedia.