TurunTangan Jakarta - Bantu Korban Kebakaran di Jakarta

Peristiwa kebakaran di Jakarta tergolong tinggi dibandingkan dengan provinsi lainnya. Kebakaran telah terjadi di beberapa titik di Jakarta antara lain di Jalan pemuda 1, Rawamangun, Jakarta Timur pada Kamis petang (10/7/2020). Si jago merah melalap habis 34 rumah warga yang dihuni 50 Kepala Keluarga. Kurang lebih ada 50 anak-anak yang terdampak yang mengakibatkan mereka terpaksa harus mengungsi, hilangnya tempat bermain, hingga trauma. Selain itu, Kebakaran di Paseban, Jakarta Pusat juga menghanguskan 24 unit rumah. Total 457 jiwa terdampak dari kedua bencana kebakaran tersebut.

TurunTangan Jakarta melakukan open donasi mulai dari tanggal 24 Juli 2020 hingga saat ini. Donasi ini bisa disalurkan melalui Bank DKI 10823402433 atas nama Yayasan TurunTangan. Donasi yang akan diberikan berupa bahan bangunan, bantuan obat obatan, alat kebersihan bayi dan psikososial pada anak-anak yang terdampak musibah kebakaran yang berlokasi di dua titik yaitu Rawamangun dan Paseban.

Untuk psikososial, TurunTangan Jakarta bekerjasama dengan Rumbelraw (Rumah Belajar Rawamangun). Rumbelraw merupakan inkubasi TurunTangan dalam bidang pendidikan anak di Rawamangun.

“Kami bekerjasama dengan Rumbelraw melakukan kegiatan psikososial kepada adik-adik yang mengungsi akibat musibah kebakaran. Kami memilih kegiatan psikososial untuk anak-anak karena kebutuhan pangan sendiri sudah tercukupi oleh bantuan Pemerintah dan NGO lain,” kata Muhammad Islah Satrio, koordinator TurunTangan Jakarta.

TurunTangan Jakarta melakukan kegiatan ini pada 26 Juli 2020, dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB di Rawamangun. Acara pertama diisi dengan sambutan kak Dani dari relawan TurunTangan Jakarta sekaligus pengurus Rumbelraw. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Diharapkan melalui sosialisi PHBS ini, anak-anak dapat lebih menjaga kesehatan mereka dan menerapkannya di kehidupan mereka sehari-hari.

Selain itu, panitia acara juga mengajak untuk selalu menjaga jarak dan memakai masker. “Kegiatan berlangsung seru karena anak-anak menikmati dan senang dengan sepanjang acara. Acara berikutnya dilanjutkan dengan memberikan dongeng boneka, adik-adik tertarik dan terlihat menyimak dengan baik,” kata Islah.

Kegiatan selanjutnya anak-anak bereksperimen hal baru yaitu mewarnai selembar penuh kertas dengan dua warna dan mulai menggambar di atas warna tersebut.

"Kak, aku baru tau klo kita bisa gambar di atas warna, trus nyala kalau dikasih cahaya,” kata Aufa salah satu anak penyintas kebakaran di Rawamangun.

Selanjutnya kami melakukan games, tanya jawab hingga bernyanyi bersama. TurunTangan Jakarta memberikan hadiah hiburan dan kemudian mereka membagikan paket makanan ringan sebagai apresiasi kepada semua anak-anak yang telah mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini ditutup dengan memberikan simbolis obat-obatan dan alat kebersihan pada bayi.

“Sekecil apapun hal baik yang telah kita lakukan, dapat membantu adik-adik tersenyum kembali. Saya mendapatkan kebahagiaan tersendiri saat membersamai mereka. Dengan sedikit bantuan dari kami semoga dapat meringankan beban dari warga yang tertimpa bencana kebakaran,” kata Islah.