TurunTangan Magelang – Ruang Senyum untuk Merapi

TurunTangan Magelang – Ruang Senyum untuk Merapi

Program kerja Ruang Senyum Untuk Merapi merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh teman-teman TurunTangan Magelang pada hari Minggu, 22 November 2020 di Posko Balai Desa Mertoyudan. Kegiatan berlangsung dari pukul 07.00-11.00 WIB dengan rangkaian kegiatan senam bersama, sarapan bersama, bermain games seperti estafet balon dan ditutup dengan penampilan kesenian Dayakan dari teman-teman Sukma Abhinaya. Ruang Senyum Untuk Merapi diikuti oleh kurang lebih 10 orang TurunTangan Magelang, 25 personil Sukma Abhinaya dan 40 anak-anak pengungsi.

Program ini merupakan bentuk dukungan psikososial dan bantuan berupa permainan, buku bacaan dan uang tunai untuk adik-adik pengungsi musibah Gunung Merapi yang beberapa waktu lalu sempat berstatus siaga. Beberapa minggu sebelum program diadakan, Gunung Merapi berstatus siaga sehingga mengharuskan para penduduk yang tinggal di lereng dalam radius 5 kilometer pindah ke posko pengungsian. Setelah melakukan survey, teman-teman TurunTangan Magelang mendapat informasi bahwa untuk supply logistic mencukupi tetapi dukungan psikososial untuk anak-anak masih kurang. Akhirnya, diadakanlah program kerja Ruang Senyum Untuk Merapi dengan tujuan utama memberi hiburan kepada adik-adik pengungsi.

Adik-adik pengungsi menyambut teman-teman TurunTangan Magelang dan Sukma Abhinaya dengan antusias. Banyak dari mereka yang terus membuntuti kakak-kakak daru TurunTangan Magelang dan Sukma Abhinaya dari awal hingga acara selesai. Sedangkan, untuk tantangan dari kegiatannya sendiri, bersifat teknis seperti miskomunikasi karena pihak perizinan tidak satu pintu dan acara yang mundur dari rundown kegiatan.

Untuk kedepannya, teman-teman TurunTangan Magelang masih menunggu informasi lebih lanjut terkait kondisi Gunung Merapi. Apabila penduduk lereng diharuskan mengungsi kembali, maka kegiatan dukungan serupa akan kembali diagendakan.  Bagikan Cuitkan Kirim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *